Friday, December 13, 2013

Kecerdasan buatan



Kecerdasan buatan
Kecerdasan yaitu kemampuan untuk belajar atau mengerti dari pengalaman,memahami pesan yang kontradiktif dan ambigu, serta menggunakan penalaran dalam memecahkan masalah serta menyelesaikannnya dengan efektif. Al merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan intruksi yg terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal-yang dalam pandangan manusia  adalah- cerdas (H.A. Simon )
Artifical Intelligence dikelompokkan 4 macam yaitu
1.       Systems that think like humans
2.       System that think rationally
3.       Systems that act like humans
4.       Systems that act rationally

Detail kecerdasan buatan
1.       Sudut pandang kecerdasan
§  Kecerdasan buatan mampu membuat mesin cerdas (sperti manusia)
2.       Sudut pandang penilitian
§  Studi bagaimana membuat komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan manusia.
3.       Sudut pandang bisnis
§  Kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodelogis dalam menyelesaikan masalah bisnis.
4.       Sudut pandang pemrograman
§  Kecerdasan buatan meliputi studi tentang pemrograman simboolik.


Bagian Utama Artifical Intelligence
§  Basis pengetahuan (knowledge base) à berisi fakta-fakta
§  Motor inferensi (inference engine) à menarik kesimpulan berdasar pengalaman

Konsep kecerdasan buatan
Ø  Turing test à  metode pengujian kecerdasan
Ø  Pemrosesan simbolik à melakukan prose secara simbolik
Ø  Heuristic à melakukan searching problem secara efektif
Ø  Inferensi (penariiikan kesimpulan ) à membuat mesin memiliki kemampuan berpikir atau reasoning
Ø  Pencocokan pola à berusaha uuntuk menjelaskan objek

Tujuan Kecerdasan buatan
ü  Membuat komputer lebih cerdas
ü  Mengerti ttentang kecerdasan
ü  Membuuat mesin lebih berguna

Kecerdasan buatan
Kecerdasan alami
Permanen
Cepat berubah
Mudah di duplikasi
Membutuhkan proses yang lama
Lebih murah
Lebih mahal
Konsisten
Sering    berubah
Dapat didokumentasi
Sulit di dokumentasi
Lebih cepat
Lebih lambat
teliti
Kurang teliti

Lingkup kecerdasan buatan

1.      Sistem Pakar (Expert System)
·                 Komputer memiliki keahlian menyelesaikan masalah seperti kemampuan                                     pakar
2.      Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing)
·                 Diharapkan user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan
                                    bahasa sehari‐hari
3.      Pengenalan Ucapan (Speech Recognition)
·                 User dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara
4.      Robotika dan System Sensor (Robotics and Sensoric System)
5.      Computer Vision
6.      Intellegence Computer – aided Instruction
·                 Komputer dijadikan tutor untuk melatih dan mengajar
7.      Game Playing

Contoh kecerdesan buatan
Ø  AI Robot
Ø  Game
Ø  Fitur Facebook
                – People You May Know, Iklan
Ø  Twitter
                – Trending topics
Ø  Google PageRank
Ø  Online advertisement
Ø  Recommended Article

0 comments:

Post a Comment