Friday, December 13, 2013

E-commerce



E-commerce
                e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan computer,salah satunya adalah internet.
Kekurangan pasar tradisional:
·         Time : transaksi membutuhkan waktu yang lama
·         Distance: jarak menjadi masalah
·         Market exposure: JAringan pasar yang terbatas
·         Technology development : perkembangan teknologi yang menuntut cara penjualan produk yang ebih modern.


Tujua e-commerce diantaranya yaitu transaksi lewat internet hanya membutuhkan akses internet dan interfacenya menggunakan web browser. Membangun konsep basar bukan sekedar tempat jual beli dan sebagai pusat informasi. Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi, konsepsi pelayanan konvensional dan virtual.

Jenis E-Commerce
1.       Business to consumer(B2C) : pelanggan langsung dengan produsen
a.       Kenyamanan
b.      Barang dan jasa lebih murah
c.       Belanja dengan membandingkan harga/kualitas
d.      Disintermediasi : penghapusan organisasi perantara antara produsen dengan konsumen
2.       Business to Business (B2B) : terdiri dari produsen –produsen
a.       Produsen membeli bahan dengan biaya rendah
b.      Perusahaan dapat menjual ke pasar global
c.       Menawarkan keuntungan yang besar untuk Negara berkembang
d.      Contoh : Alibaba, Manta, IndiMart

3.       Consumer to Consumer (C2C) : pemeran transaksinya yaitu individu
a.       Sering dilakukan melalui situs lelang seperti: ebay
b.      Mengurangi penggunaan halaman pada surat kabar


Model proses dalam e-commerce
1.     Pencarian dan identifikasi
2.     Seleksi dan negoisasi
3.     Pembayaran produk dan jasa secara elektronik
4.     Produk dan jasa pengiriman
5.     Layanan after-sales

Tantangan
·         Mengidentifikasi model e commerce yg efektif dan strategis
·         Mengubah system distribusi
·         Mengintegrasikan pemrosesan order berbasisi web

E‐commerce Software
• Catalog management
• Product configuration
• Shopping cart facilities
• E‐commerce transaction processing
• Web traffic data analysis

Sistem pembayaran elektronik
Ø  Digital certificate: lampiran ke pesan e‐mail
Ø  Certificate authority (CA): pihak ketiga yang terpercaya yang mengeluarkan sertifikat digital
Ø  Secure Sockets Layer (SSL): protokol komunikasi yang digunakan untuk mengamankan data yang sensitive
Ø  Electronic cash: sejumlah uang yang terkomputerisasi, disimpan, dan digunakan sebagai kas untuk transaksi ecommerce


0 comments:

Post a Comment